twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Selasa, 27 Desember 2011

CUACA EKSTRIM & DAMPAK SOSIAL AKIBAT PEMANASAN GLOBAL

STOP GLOBAL WARMING!!!
Pemanasan global merupakan proses perubahan alam atau iklim yang tidak wajar, hal ini ditandai dengan naiknya suhu rata-rata di atmosfer, laut dan bumi. Menurut Gatut Susanta (2007: 6) gejala-gejala pemanasan global dapat diamtai dan dirasakan dengan adanya:
  1. Pergantian musim yang tidak bisa diprediksi
  2. Hujan badai terjadi dimana-mana
  3. Sering terjadinya angin puting beliung
  4. Banjir dan kekerigan terjadi pada waktu yang bersamaan
  5. Penyakit mewabah di banyak tempat
  6. Terumbu karang memutih.
Banyak akibat yang ditimbulkan oleh pemanasan global, salah satunya adalah perubahan iklim/ cuaca yang semakin ekstrim.  NASA menyatakan bahwa pemanasan global berimbas pada semakin ekstrimnya perubahan cuaca dan iklim bumi. Pola curah hujan berubah-ubah tanpa dapat diprediksi sehingga menyebabkan banjir di satu tempat, tetapi kekeringan di tempat yang lain. Cuaca eksttrim ini dapat dilihat dengan adanya topan dan badai tropis baru yang semakin bermunculan. Selain itu, bertambahnya suhu panas di sekitar kita juga merupakan dampak adanya pemanasan global. Kita juga dapat melihat betapa tidak dapat diprediksinya kedatangan musim hujan ataupun kemarau yang mengakibatkan kerugian bagi petani karena musim tanam yang seharusnya dilakukan pada musim kemarau ternyata malah hujan. Tahun-tahun belakangan ini kita makin sering dilanda badai-badai yang mengganggu jalannya pelayaran dan pengangkutan baik di laut maupun udara.
            Apabila global warming atau pemanasan global ini tidak ditanggulangi, maka semakin lama bumi kita akan hancur. Pemanasan global akan berdampak pada sosial pula, dengan adanya global warming maka akan timbul pula penyakit-penyakit yang bermunculan. Selain itu adanya bencana- bencana besar akan menyebabkan banyak korban jiwa serta menyebabkan kemiskinan di masyarakat, selain itu, bencana juga menyebabkan masyarakat terkena tekanan psikis yang menyebabkan depresi ataupun stress. Oleh karena itu marilah kita jaga bumi kita, mulai dari hal yang terkecil kita lakukan untuk memperbaiki bumi kita agar global warming tidak semakin meningkat.


Gatut Susanta, dkk. 2007. Akankah Indonesia Tenggelam Akibat Pemanasan Global?. Bandung:
 Niaga Swdaya.

5 komentar:

  1. global warming ga bisa di stop deh menurutku, yang bisa cuma dikurangi lajunya dan kita lebih bisa hidup harmoni selaras dengan alam

    BalasHapus
  2. ya.. maksud saya seperti itu.. stop melakukan perbuatan yang menyebabkan global warming..
    ayooo kurangiii agar bumi kita selamat

    BalasHapus
  3. saya sepakat dengan apa yang dikatakan saudara andri, sudah dapat mengurangi itu sudah sangat baik.

    BalasHapus